assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Rabu, 29 Mei 2013

Manajemen Aktiva dan Pasiva Bank

BAB 5 & BAB 6 : Manajemen Aktiva dan Pasiva Bank
1. Manajemen sumber dana
2. Manajemen penggunaan dana

**********************************************************************************************************************

Hari Rabu jam pelajaran ke 9 dan 10, Pertemuan minggu ke 4 di Sebuah Universitas Ternama di Bekasi, Sebut saja Universitas Gunadarma. Siang itu ada pertemuan antara dosen dengan mahasiswanya, tepatnya pada Mata Kuliah Terapan Komputer Perbankan. Ibu Dosen yang cantik sebut saja bu Ratih melakukan tanya jawab sekitar materi untuk bab 3 dan bab 4 dengan mahasiswa kelas 3DB13.

**********************************************************************************************************************
Bu Ratih : Selamat sore anak-anak semua. kemarin kita sudah belajar materi untuk bab 3 dan 4 ya, hari ini kita lanjutkan bab 5 dan 6,  kalian semua sudah belajar kan semalam?

anak-anak : Sudah dong buuuuuuuuu! (dengan serempak dan antusias)

Bu Ratih : Baguuuus

anak-anak : iyaa doooooong.

Bu Ratih : anak-anak, ibu jelaskan dahulu yaa, Agar sebuah bank dapat menjalankan fungsinya sebagai sebuah lembaga keuangan, maka bank jelas membutuhkan dana. Nantinya dana tersebut akan diolah agar mendapatkan keuntungan. Biasanya bank mendapatkan sumber dana dari masyarakat.sekarang, kita tanya jawab yaaa!

anak-anak : dapet nilai plus ngga bu?

bu ratih : dapet dong!

anak-anak : okeee, siaaap!

bu ratih : menurut kalian, Manajemen Sumber Dana itu apa sihh? tunjuk tangan yaa.

dono : saya bu, sumber dana bank adalah usaha bank dalam menghimpun dana dari masyarakat perolehan ini tergantung pada bank itu sendiri, apakah dari simpanan masyarakat atau dari lembaga lainnya. Pemilihan sumber dana akan menentukan besar kecilnya biaya yang ditanggung.oleh karena itu pemiliha sumber dana harus dilakukan secara tepat. Secara garis besar sumber dana bank dapat di peroleh dari:

* Dari bank itu sendiri
* Dari masyarakat luas
* Dan dari lembaga lainnya

bu Ratih : Bagus dono, nilai plus! selanjutnya, siapa yang tau tentang Manajemen Penggunaan Dana?

Sisi : saya bu, Dana yang diperoleh sebuah bisnis perbankan perlu dialokasikan dengan tepat. Untuk itu diperlukan suatu kebijakan alokasi aktiva. Alokasi aktiva merupakan pendistribusian dana investasi yang didasarkan pada fungsi dan kegunaan diantara berbagai kategori aktiva, termasuk ekuivalen kas, saham, investasi pendapatan tetap, dan aktiva berwujud lainnya. Alokasi aktiva akan berdampak baik pada resiko maupun laba. Alokasi aktiva merupakan konsep sentral dalam perencanaan keuangan bagi manajemen investasi bisnis perbankan, kebijakan alokasi aktiva perlu mengindahkan tingkat likuiditas, tetapi tidak mengabaikan tingkat rentabilitas. Untuk itu dana yang diperoleh dialokasikan ke dalam cadangan primer, cadangan sekunder, kredit, dan investasi dalam perbandingan yang tepat sesuai dengan perubahan-perubahan.

bu ratih : bagus sisi, nilai plus!

(kemudian handphone bu ratih berbunyi, bu ratih pun mengangkat telfon)

anak-anak : yaaaah :( yaudah deh gapapa.

bu ratih : yasudah perkuliahan hari ini ibu tutup, selamat soreee anak-anak..

anak-anak : sore buuuu.

**********************************************************************************************************************

sumber referensi : http://arvanbones04.blogspot.com/