assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kamis, 02 Desember 2010

Perang Melawan Vertigo

Vertigo adalah sebuah gejala yang berkaitan dengan berbagai kelainan di otak dan telinga bagian tengah, banyak penderita vertigo yang berhasil diobati dan disembuhkan.
 
Meski vertigo dapat dialami sebagai sensasi berputar yang mirip dengan sensasi ketika kita sedang menaiki komedi putar, vertigo yang lebih sering dirasakan adalah seperti sedang duduk di sebuah perahu kecil, terayun-ayun di tengah di lautan. Mungkin terdapat tumpang tindih antara vertigo, pening atau perasaan ringan di kepala.
 
Vertigo adalah suatu pengalaman yang sering terjadi dan umumnya merupakan pengalaman yang jinak, tetapi jika serangannya sering terjadi atau parah, maka diperlukan pemeriksaan oleh seorang spesialis saraf atau spesialis telinga, atau keduanya.
 
Jika vertigo terjadi pada suatu posisi kepala tertentu, mungkin itu adalah vertigo posisional paroksimal jinak, yang dapat diobati dengan beberapa latihan tertentu atau akan menghilang dengan sendirinya.
Serangan vertigo kambuhan disertai telinga berdenging dan hitangnya pendengaran, bisa jadi adalah penyakit Meniere. Meski tidak ada pengobatan yang khusus, obat-obatan dan diet dapat mengurangi frekuensi serta keparahan serangan. Dokter akan dapat membantu anda mengatasi keluhan ini.
 
Vertigo yang menyusahkan bisa terjadi selama atau di antara sakit kepala migren. Obat-obatan untuk mengurangi frekuensi dan keparahan sakit kepala dapat juga mengurangi vertigo.
 
Vertigo yang disebabkan oleh tumor di otak atau telinga pada umumnya disertai gejala persarafan lainnya.
Vertigo yang muncul tiba-tiba dapat merupakan gejala stroke, biasanya disertai gejala lain seperti sakit kepala, kelemahan, sulit berjalan atau bicara, atau perubahan penglihatan. Ini perlu segera diperiksa oleh dokter. Dalam kondisi ini, waktu jauh lebih berharga daripada emas.