assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selasa, 16 Oktober 2012

Kegiatan dan Pencatatan Keuangan Sehari-hari

Rabu, 3 Oktober 2012

Hari ini saya punya uang Rp. 60.000. yang saya dapat dari pipih Rp. 20.000 sebagai jatah uang jajan saya, terus, Rp. 40.000 nya saya dapat dari hasil mengetik di rental computer kecil-kecilan, karena papa saya punya rental, dan yang menjaga rentalnya yaitu saya dan adik saya,ya lumayan untuk nambah-nambahin  buat jajan sih, oiya ada sih 1 orang lagi di rumah yang gantiin kalo saya lagi kuliah. Selain rental computer, papa juga punya usaha percetakan, dan saya juga ikut andil bantu usaha papa, lumayan juga kecipratan untungnya kalo lagi ada orderan.

Saya mengawali hari itu, berangkat ke kampus di J5, naik angkot 2 kali, pertama naik angkot M26 turun di pasar sumber arta bayarnya Rp. 3.000, terus naik angkot 20 bayarnya Rp. 2.000 turun di tengah jalan karena janjian sama farid. Sambil nunggu farid nyampe di tempat janjian, saya ke Indomart dulu, di Indomart saya beli pelembab, dan tissue, sebenernya mau beli sabun cuci muka jg, tapi ngga ada di situ. Beli pelembab dan tissue menghabiskan uang Rp. 16.000. Abis dari Indomart, saya ke Alfamart dulu karena farid blm dateng juga, di alfa saya beli sabun cuci muka, seharga Rp. 8.300. Abis itu keluar nunggu farid. Dan farid dateng juga, langsung berangkat ke kampus.

Sampai kampus belajar seperti biasa, dosen softskill masuk dan dikasih tugas ini deh, buat kegiatan sehari-hari dan buat 100 keinginan kalau uang dan waktu bukan masalah.
Pas istirahat, makan di satu-satunya warung yang ada di J5, makan pake telur balado sama tempe goreng, menghabiskan uang Rp. 6.000. Dan setelah itu melanjutkan belajar seperti biasa sampai pulang. Pulang saya diantar sama farid sampe rumah, jadi ngga ngongkos deh :p

Malemnya ada ketikan lagi, dapet deh Rp. 20.000. Abis itu saya ke tempat fotokopian untuk beli CD untuk keperluan tugas sama beli pulpen, ngabisin uang Rp. 10.000, abis itu beli pulsa Rp. 6.000.

Dan hari ini saya punya uang Rp. 80.000 dan saya keluarkan untuk beli ini itu Rp. 50.300,  jadi sisa uang yang saya punya ada Rp. 29.700.-

**********************************************************************************************************************

Kamis, 4 Oktober 2012

Pagi ini saya ngoprek laci nyari koin 300 biar uang yang saya punya jadi Rp. 30.000 hehe. Saya ke kampus, bawa uang Rp.30.000 dari sisa uang kemarin. Seperti biasa saya ke kampus, dapet jadwal di J3 Kalimas, naik angkot M29 bayar Rp. 3.000 turun di Tol Caman buat janjian sama farid. Dari Caman bareng sampe Kalimas. Terus bayar parkir Rp. 1.000. Sampai kampus belajar seperti biasa, dan waktu istirahat, makan di kantin pecel, makan pake telur balado sama gorengan, bayarnya Rp. 5.500. sama minum beli aqua gelas Rp. 500. Sehabis makan, kembali belajar di kelas sampe pulang. Pulang seperti biasa diantar sama farid sampai rumah.

Di rumah saya ngga ngapa-ngapain , ya paling cuma gitu-gitu aja, ngobrol becanda nonton tv sama keluarga.

Hari ini saya punya uang Rp. 30.000 dan terpakai Rp. 10.000, jadi sisa uang yang saya punya hari ini Rp. 20.000

**********************************************************************************************************************

Jum’at 5 Oktober 2012


Hari ini saya punya uang Rp. 20.000,-
Hari ini saya libur kuliah, ngga ada jadwal, dan belum mulai praktikum juga. Tapi saya tetep ke kampus janjian sama putri dan maya buat ngerjain tugas buat hari senin presentasi. Naik angkot M26 sampai kampus J1 bayarnya Rp. 4.000. sampai kampus ketemu sama putri, dan nunggu maya yang datengnya lama banget. Sambil nunggu saya sama putri jajan dulu, saya jajan Rp. 6.000 hehe. Abis itu masuk ke kampus dan ngerjain tugas.

Di tengah-tengah ngerjain tugas saya pulang duluan karena udah di jemput sama farid. Tapi sebelum pulang saya beli stik kentang dulu yang ada di depan kampus Rp. 3.000. Terus pulang deh dianter sama farid sampe rumah.

 Di rumah ya seperti biasa ngobrol becanda sama keluarga terus jajan Rp. 2.000 hehe.

Hari ini saya punya uang Rp. 20.000, dan terpakai Rp. 15.000. Jadi sisa uang yang saya punya Rp. 5.000

**********************************************************************************************************************

Sabtu, 6 Oktober 2012

Saya libur lagi, ngga ke kampus, dan ngga kemana-mana.  Di rumah aja melakukan aktivitas mencuci baju dan juga mengerjakan dan merapikan tugas kelompok untuk presentasi hari senin, ngeprint tugas dan udah deh gitu-gitu aja. Uang yang Rp. 5.000 saya jajanin deh, ya abisnya pada dasarnya saya sangat suka jajan makanan ringan gitu.

Hari ini saya punya uang Rp. 5.000 terus abis karena di jajanin, jadi ngga punya uang deh.

**********************************************************************************************************************

Minggu, 7 Oktober 2012


Pagi ini saya belum punya planning apa-apa buat ngapa-ngapain, paling ya di rumah aja. Pagi-pagi saya mau sarapan dan mau beli nasi uduk, tapi ngga punya uang, alhasil ya minta deh sama papa. Eh tapi nasi uduknya abis, jadi saya beli gorengan aja. Siangnya makan masakan embun (bundaku) deh. Tapi abis itu saya ada kerjaan di rental, ada yang ngetik dan ngeprint juga, lumayan deh dapet Rp. 10.000 hari ini, Alhamdulillah 

Jadi hari ini saya punya uang Rp. 10.000

**********************************************************************************************************************

Senin, 8 Oktober 2012

Hari ini saya ada jadwal kuliah di J3 Kalimas, seperti biasa, dikasih uang jajan Rp. 20.000 sama papa. Terus berangkat naik angkot M29 turun di Caman bayar Rp. 3000, terus ketemu sama farid dan berangkat bareng sampe Kampus. Sampai kampus bayar parkir Rp. 1.000. Lalu seperti biasa belajar, terus pas istirahat makan deh di tempat kantin pecel, makan pake nasi sama gorengan aja sama minum es teh, abis Rp. 7.000 buat makan. Beli pulsa sama putri Rp. 6.000. Hari ini pulang cepet karena matkul terakhir dosennya ngga masuk, padahal udah nyiapin papernya buat presentasi, eh ngga jadi deh, jadinya minggu depannya. Akhirnya pulang deh dianter sama farid sampe rumah.

Hari ini saya punya uang Rp. 30.000 dan dipakai Rp. 17.000, jadi sisanya Rp. 13.000

**********************************************************************************************************************

Selasa, 9 Oktober 2012

Hari ini saya libur, tapi ada jadwal ngisi KRS di kampus J1. Saya ngga naik angkot, tapi di jemput sama farid. Dan seneng juga sih hari ini, soalnya bakalan dapet untung dari orderan yang saya sama farid dapet. Saya sama farid emang kerja sama “nyari duit” ya dikit-dikit ngikutin jejak papa di bidang percetakan, dan dengan bimbingan papa juga pastinya. Dapet orderan dan untung yang di dapet lumayan juga, sekitar Rp. 320.000.

Selesai ngisi KRS, saya sama farid sepakat untuk pergi ke tambun buat ke rumah neneknya farid, kebetulan hari minggu kemarin, tantenya farid menikah, dan saya ngga bisa dateng kesana, jadi baru hari ini bisa kesana, di tengah perjalanan, berhenti dulu beli minum Fruit tea harganya Rp. 6.000. terus lanjut jalan. Terus berhenti lagi ke idol mart buat beli kado buat tantenya farid. Kan ngga enak kalo kesana ngga bawa apa-apa. Jadi sepakat beli gelas sama teko, ya ngga mahal-mahal banget juga, terus di situ juga saya beli tempat makan buat bawa bekel, soalnya tempat makan saya yang lama hilang. Di idol mart ngeluarin Rp. 40.000 buat beli kado sama tempat makan, bayarnya pake uang laba dari orderan, hehe. Sampe rumah neneknya farid ngobrol-ngobrol sama nenek dan tante-tantenya, terus ngebagi laba yang didapet, karena sisa labanya tinggal Rp. 280.000, karena tadi dipake buat beli kado , maka disepakati, saya dapet Rp. 130.000 dan Farid Rp. 150.000. Lalu saya ngasih ke Farid Rp. 10.000 buat beli bensin. Abis dari rumah neneknya farid di Tambun, saya sama Farid sepakat buat pergi nonton dulu, ya itung-itung sedikit menikmati hasil yang kami raih dari kerja keras kami, dan emang udah lama jg kita ngga nonton bareng hehe :p

Kita ke Mall dan nonton, biaya nonton Rp. 20.000, dan di dalam bioskop beli pop corn sama soft drink, disini kita patungan saya Rp. 10.000 farid Rp. 5.000. Setelah nonton, kami mau pulang, tapi saya belanja sepatu dulu buat praktikum kan hrs pake sepatu tertutup, beli sepatu Rp. 45.000. Abis itu pulang deh, eh tapi makan dulu di tempat Nasi bebek, makan berdua Rp. 26.000 tapi kata farid saya bayar Rp. 10.000 aja, dia bayar sisanya. 

Hari ini saya punya uang Rp. 143.000, lalu dipakai beli ini itu Rp. 91.000, jadi sisanya Rp. 52.000

**********************************************************************************************************************

Rabu, 10 Oktober 2012

Hari ini ada jadwal di J5 Cakung, hari ini saya bawa uang Rp. 20.000 ke kampus. Masuk jam setengah 12 karena dosen softskill ngga masuk. Saya naik angkot M29 bayar Rp. 4.000, sampai di Caman dan bareng sama Farid sampai kampus. Terus belajar di kelas, pas istirahat saya nemenin putrid makan di warung, disana saya jajan chiki sama air minum Rp. 5.000. setelah itu masuk kelas lagi sampai pulang, bayar parkir Rp. 1.000, pulangnya saya mampir dulu ke Jalan baru sama Farid buat makan, saya bawa bekel  dan beli sate kikil. Farid beli gorengan juga Rp. 5.000, jadi makan pake gorengan, sate kikil, dan bekel yang saya bawa. Abis itu saya pulang dianter sama Farid.

Hari ini saya punya uang Rp. 20.000, dan terpakai Rp. 15.000, jadi sisa Rp. 5.000

**********************************************************************************************************************

Kamis, 11 Oktober 2012

Hari ini saya di kasih uang jajan Rp. 20.000 dan sisa uang kemarin Rp. 5.000. Saya ke kampus seperti biasa, di J3 Kalimas, naik angkot bayar Rp. 3.000. dan bayar parkir Rp. 1.000. terus belajar seperti biasa, pas istirahat makan pake menu biasa hehe bayarnya Rp. 7.000. setelah itu kembali belajar di kelas sampai pulang.

Di rumah jajan beli pop ice Rp. 2500 sama jajan biskuit Rp. 1.500.

Malamnya ada bazaar di deket rumah, saya kesana untuk beli kaos kaki, dikasih uang sama papa Rp. 20.000, untuk beli kaos kaki Rp. 10.000 dan adik saya beli tempat pensil Rp. 8.000 sama bayar parkir Rp. 2.000, menang banyak tuh tukang parkir. Dari bazaar saya ke tempat toko alat tulis, disana saya beli sampul plastik buat buku, seharga Rp. 5.000, setelah itu pulang.

Hari ini saya punya uang Rp. 25.000 dan terpakai Rp. 20.000 sisa Rp. 5.000

**********************************************************************************************************************

Jum’at, 12 Oktober 2012

Hari ini praktikum langsung 4, dari pagi sampai sore. Punya uang Rp. 25.000 dari papa Rp. 20.000 dan dari sisa kemarin Rp. 5.000. saya naik angkot sampai Caman bayarnya Rp. 3.000. Lalu berangkat bareng Farid. Tapi di tengah jalan beli map hijau dulu 2 buat saya dan Farid buat praktikum Rp. 5.000, langsung berangkat, sampai kampus J3 bayar parkir Rp. 1.000. Saya langsung ke toilet untuk ganti rok, dan masuk jam pertama, dan disusul praktikum selanjutnya. Setelah itu istirahat, yang cowo sholat jum’at dulu, Farid juga, jadi saya sama teman-teman ke kantin dulu, teman-teman makan, tapi saya hanya minum es cendol, es cendolnya harganya Rp. 4.000. Setelah itu kembali ke kampus sambil nunggu Farid saya ngobrol sama teman-teman, setelah ketemu Farid, kami makan di kantin pecel. Saya makan dengan menu seperti biasa dengan harga Rp. 7.000. Setelah itu masuk praktikum lagi, dan disusul praktikum terakhir. Pulang sekitar jam 5 sore, langsung pulang, tapi diajak Farid dulu untuk booking studio tempat dia mau latihan ngeband, setelah itu saya diantar pulang.

Hari ini saya punya uang Rp. 25.000 dan terpakai Rp. 20.000, sisa Rp. 5.000

**********************************************************************************************************************

Sabtu, 13 Oktober 2012

Hari ini libuur, akhirnya merasakan weekend libur juga, biasanya ada aja jadwal di hari sabtu. Hari ini saya mempunyai kegiatan mencuci baju dan jaket-jaket sama celana panjang juga. Yaah gitu-gitu aja ngobrol becanda sama keluarga. Sempet tidur siang juga.

**********************************************************************************************************************

Minggu, 14 Oktober 2012

Hari ini juga libur pastinya, saya ngga ngapa-ngapain, ngga ada transaksi beli ini itu, makan dirumah, ngga jajan , malamnya sempet ngerjain laporan praktikum.

**********************************************************************************************************************

Senin, 15 Oktober 2012

Saya di kasih uang jajan sama papa Rp. 20.000, dan masih punya simpanan Rp. 5.000, hai ini masuk kuliah seperti biasa, berangkat naik angkot bayar Rp. 4.000 turun di Caman. Berangkat bareng farid, sampe kampus bayar parkir Rp. 1.000. Abis itu masuk kelas belajar seperti biasa. Setelah itu istirahat makan di kantin, makan lontong sama gorengan Rp. 2.500, terus saya beli minumnya fres tea Rp. 5.500. abis itu beli pulsa sama putri Rp. 6.000. setelah itu pulang ke rumah. Malamnya ada kerjaan settingan di rental, lumayan, dapat Rp. 8.000. Saya belikan energen dan biskuit karena takut kebangun malam-malam dan lapar, untuk ganjel perut deh. Setelah selesai kerjaan di rental, saya melanjutkan ngerjain laporan pendahuluan untuk praktikum. Setelah itu tidur.

Hari ini saya punya uang Rp. 33.000 dan di pakai Rp. 19.000 dan sisanya Rp. 14.000

**********************************************************************************************************************

Selasa, 16 Oktober 2012

Saya libur, jadi hari ini di rumah saja deh. Saya maskeran mumpung libur, jajan Rp. 4.000. Saya masih punya uang Rp. 10.000, niatnya untuk membeli bedak, karena bedak saya sudah habis. Lalu tadi om saya datang dan berhasil memalak dia dan dapet deh Rp. 10.000. jadinya punya uang Rp. 20.000, lumayan buat beli bedak sama hand body yang sudah habis. Yah namanya juga cewe, haha :p

Sorenya saya mengerjakan tugas, dan malamnya ada kerjaan settingan lagi di rental, lumayan dapat Rp. 8.000, dan saya beli bedak dan hand body habis Rp. 10.000. Dan barusan dikasih uang jajan sama embun Rp. 20.000.

Jadi hari ini, saya punya uang Rp. 38.000. pengeluaran yang sudah di habiskan Rp. 14.000

**********************************************************************************************************************