Pada kesempatan kali ini saya ingin membuat alur proses transaksi pada usaha percetakan. Ada beberapa tahapan dalam proses dari pelanggan mengorder cetakan sampai proses cetak dan pengambilan orderan oleh pelanggan yang memesan.
- Pertama-tama, pelanggan akan ke bagian penerimaan, kemudian pelanggan memesan cetakan misalnya pelanggan ingin memesan undangan sebanyak 500 buah undangan.
- Setelah deal, maka pihak dari bagian penerimaan akan melakukan pencatatan pada faktur dan memberikan rangkapan faktur kepada pelanggan.
- Setelah dari bagian penerimaan, maka langsung ke bagian pengerjaan.
- Pada bagian pengerjaan, ada beberapa tahap lagi, yaitu bagian desain, pembuatan master undangan, bagian belanja bahan, bagian cetak, dan bagian finishing.
- Tahap pertama pada bagian pengerjaan adalah bagian desain, yaitu mendesain pesanan undangan sesuai permintaan pelanggan.
- Setelah desain selesai, langsung ke bagian pembuatan master undangan
- Setelah itu belanja bahan undangan, sesuai dengan undangan yang di pesan oleh pelanggan
- Setelah sudah selesai membuat master undangan dan belanja bahan undangan, maka langsung ke bagian cetak. Disini adalah proses pencetakan undangannya
- Setelah itu baru bagian finishing, seperti melipat undangan dan memasukkan ke dalam plastic.
- Kemudian kembali ke bagian penerimaan pesanan untuk selanjutnya diambil oleh pelanggan.
Ini Merupakan Faktur Pemesanan Pada Percetakan Surya Jaya Creative
Faktur Kosong Surya Jaya Creative